WAKTUNYA SORTIER!

Monday, August 24, 2009

Dua hari ini gue disibukkan oleh kegiatan yang sangat melelahkan mata di D'Muzzaquatic Farm, sortir anakan maskoki yang berumur 3 minggu.bayangin aja kecilnya ikan masih seberapa, kecil banget..untung jumlahnya ga terlalu banyak.Yah cuaca kurang bagus seperti ini pengaruhnya gede buat proses penetasan telur.
Ada dua jenis yang telurnya menetas, yaitu oranda dan ryukin.Yang oranda gue harap dapat yang lebih cakep dari yang juara ke-5 di INAGOBEC 2009, sedang si ryukin gue ga ngarep banyak deh soalnya baru teloran pertama.
Oh iya, gue mo kasih informasi dulu kalo D'Muzzaquatic punya prinsip keep the best, jadi yang nanti digedein adalah yang terbaik aja.Yang biasa-biasa aja sudah gue keluarin duluan karena kolam kita tidak banyak.
Oke, sekarang waktunya sortier!
1. Angkat semua ikan pake bak,sesuakin ama banyak ikan.Semakin besar semakin baik, tapi pasti semakin berat dan repot ngangkatnya..
2. Neropong ikan..Nah, liat ikannya ini yang bikin pusing.Ikan harus diangkat pake semacam sendok sayur, supaya ekor dan siripnya ga rusak.
3. Liat badan dulu, kalo badannya bengkok gue langsung buang ke tempat ikan reject.
4. Liat sirip atas, sirip yang bagus membentang dari pangkal ekor ke setengah badan depan.Sirip yang cuma separo langsung direject,yang layu juga direject..yang sirip atas ga ada??jangan dibuang,keep dulu siapa tau itu ranchu..iya ga?
5. Liat ekor, ekor yang pincang,patah,ruas ekor menyatu,ekor mengembang tidak proposional direject.
6. Insang kebuka?...reject
7. Warna sakura dan sisik dibedain.
8. Finish..

Foto yang paling atas adalah ikan yang lolos seleksi, yang bawah yang harus dibuang.

Finally dapat cuma 20 persen yang layak dipelihara.Ntar bisa kurang lagi karena umur 1,5 bulan disortir lagi.

Comments

No response to “WAKTUNYA SORTIER!”
Post a Comment | Post Comments (Atom)

Post a Comment

 
1001 GOLDFISH. Citrus Pink Blogger Theme Design By LawnyDesignz Powered by Blogger